Cara Mengurutkan Data Di Excel Menurut Tanggal,Bulan,Tahun

Mengurutkan data di Microsoft Excel menurut tanggal, bulan dan tahun umumnya terjadi pada stok barang dan data base yang berkaitan dengan waktu. Berikut ini cara mudah dan cepat dalam mengurutkan data menurut waktu tersebut.


Sebenarnya dalam mengurutkan data berdasarkan tanggal sungguh mudah sekali, di excel tersedia fitur untuk melakukan hal ini sehingga anda lebih singkat menyelesaikan pekerjaan anda. Mengurutkan dalam Microsoft Excel mampu disebut dengan kata “Sortir”. Ada dua cara dalam melaksanakan sortir data berdasarkan tanggal, bulan dan tahun (Waktu) adalah:


Cara Mengurutkan Data Excel Berdasarkan Tanggal Lama ke Baru


CARA PERTAMA

1. Pastikan data yang terinput adalah berformatkan tanggal. Terkadang jika diinput manual format tanggal menggunakan “-” atau “/”. Jika di Excel komputer anda menggunakan format “/” dalam memisahkan tanggal, bulan dan tahun maka ubah data yang menggunakan tanda pemisah selain itu. Cara mengetahuinya adalah sorot data tanggal, kemudian pilih menu NUMBER -> DATE -> Pada LOCATION pilih INDONESIAN -> Pada TYPE pilih format Long Date. Lalu OK.



2. Data yang tidak berganti ke format tanggal, nama bulan, Tahun maka format tersebut tidak menggunakan tanda”-“. AKan tetapi memakai tanda “/” untuk memisahkan tanggal bulan tahun.


3. Cara merubahnya ialah ialah sorot data tanggal, kemudian tekan tombol CTRL H. Masukkan “-” di Find What, Masukkan “/” di Replace With. Lalu tekan tombol Replace ALL.



4. Setelah semua data sama berikutnya langkah mensortir atau mengurutkannya mulai dari waktu terlama ke waktu terbaru adalah:


5. Sorot data tanggal, lalu KLIK Kanan -> SORT -> Sort Oldest to Newest.



6. Jika timbul kotak keterangansilahkan anda pilih Expand the Selection.



7. Maka data berurutan berdasarkan tanggal tertua ke termuda.



CARA KEDUA

Cara kedua ini dilakukan jikalau data anda banyak dan cara yang pertama telah dilakukan namun tidak berfungsi, kalau berfungsi tetapi bentuk tabel anda semrawut. Namun cara ini data harus telah berformatkan sama, jikalau belum ikuti langkah CARA PERTAMA di atas nomor 1 – 3.


Sortir semua tabel data yang anda miliki, lalu KLIK Kanan -> SORT -> Custom Sort…Selanjutnya pada kolom sort by pilih nama tabel kolom “TGL LAHIR” Lalu pada Order pilih “Oldest to Newest”. Lalu OK.



Maka nantinya tabel akan tersusun dari waktu usang ke waktu modern.



Demikian cara mengurutkan data dari tanggal, bulan, tahun usang ke tahun baru di Excel. Selamat mencoba, dan datangi terus www.kusnendar.web.id untuk belajar trik Excel lainnya.


0 Response to "Cara Mengurutkan Data Di Excel Menurut Tanggal,Bulan,Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel